Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tojo Una-Una Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan ANBK Dapat Mengukur Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 September 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MTsN 1 Kapuas yang diikuti oleh 45 orang peserta didik berjalan dengan lancar.

Wakil Kepala MTsN 1 Kapuas Bidang Kurikulum Syafrudin Arief mengatakan ANBK adalah program penilaian mutu sekolah dari program kesetaraan pada jenjang dasar hingga jenjang menengah, dan pelaksanaannya dilakukan secara online.

“Melalui ANBK dapat mengukur  kemampuan literasi membaca dan numerasi setiap peserta didik, ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi masing-masing peserta didik,” katanya, Senin, 25 September 2023.

Selain itu, sebagai survey karakter dan lingkungan yakni mengukur nilai, sikap, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik. 

"Mengukur kualitas aspek input serta proses belajar-mengajar di kelas ataupun tingkat satuan pendidikan," ucapnya.

ANBK hanya diikuti oleh beberapa siswa sebagai sampel dari seluruh jumlah peserta didik  yang ada di madrasah. Hasilnya akan menjadi, gambaran kemampuan  dari seluruh peserta didik di madrasah itu.

“Seluruh peserta didik telah berusaha mengikuti ANBK dengan baik,  semoga seluruh hasil yang diperoleh mendapatkan nilai yang memuaskan, Aamiin,” harapnya. (DODI/R)


TAGS:

Berita Terbaru