Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jabat Kepala Bappedalitbang Palangka Raya, Fauzi Rahman Tawarkan Perubahan Status Kelurahan Jadi Desa untuk Atasi Disparitas

  • Oleh Hendri
  • 25 September 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Fauzi Rahman resmi menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Palangka Raya.

Dia membawa strategi untuk mengatasi disparitas melalui perubahan Kelurahan menjadi Desa. Program ini yang mengantarkan Mantan Sekretaris BKPSDM ini lulus dalam seleksi terbuka jabatan tinggi pratama.

Inovasi yang ditawarkan adalah masa depan Kota Cantik yang diperhitungkan akan tercapai pada tahun 2028 dengan sejumlah kebijakan mendasar.

Pertama, perubahan status kelurahan menjadi desa yang diawali dengan pemetaan batas wilayah, penyiapan infra dan supra, desa persiapan, pembentuk jaring-jaring sosial, sosialisasi dan penetapan desa definitif.

Inovasi demikian didukung dengan pembiayaan baik dari APBD/APBN dan kekayaan desa itu sendiri dengan rata-rata perputaran uang sebesar Rp1 miliar per tahun per desa.

Perubahan status kelurahan menjadi desa dinilai tepat karena secara kelembagaan akan dipimpin Kepala Desa yang berfokus pada satu titik pembangunan desa serta meningkatkan partisipasi masyarakat penduduk asli.

"Palangka Raya terdiri atas 5 Kecamatan dan 30 Kelurahan serta memiliki 3 tipe perwajahan, yakni Kota, Desa dan Hutan. Dengan luas wilayah itu, ada Kecamatan yang pembangunannya tertinggal, seperti Rakumpit, Sabangau dan Bukit Batu," katanya, Senin, 25 September 2023.

Solusi yang ditawarkan ini sejalan dengan sejumlah peraturan perundang-undangan. Di antaranya, UU Nomor 5 Tahun 1979, UU Nomor 22/1999, UU Nomor 32/2004, UU Nomor 23/2014, UU Nomor 6/2014 serta Peraturan Pemerintah (PP) turunan dari undang-undang tersebut. (HENDRI/J)

Berita Terbaru