Pasien Balita Rawat Inap di RSUD Hanau karena Flu Singapura

  • 16 April 2016 - 12:04 WIB

BORNEONEWS, Seruyan - Flu Singapura ternyata sudah menjalar masuk ke Kabupaten Seruyan. Penemuan kasus penyebaran penyakit itu sekarang sudah ditemukan di Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

Direktur RSUD Kuala Pembuang Reza Syahputra menyampaikan, pihaknya saat ini tengah menangani satu orang pasien balita bernama Muhammad Sarwani yang masih berusia 1,1 tahun. Sarwani positif menderita flu Singapura berdasarkan dari hasil pemeriksaan dan gejala penyakit yang diderita.

Rumah sakit kita menerima satu pasien balita yang positif terkena penyakit itu. Pasien merupakan warga asli Pembuang Hulu. Dia masuk rumah sakit sejak Jumat (15/4/2016) sore. Sekarang masih dirawat salah satu ruangan VIP 1 untuk memperoleh penanganan dan pengobatan intensif hingga sembuh, kata Reza saat menghubungi Borneonews, Sabtu (16/4) siang.

Reza melanjutkan, begitu pasien pengidap flu Singapura tersebut dilarikan ke RSUD Hanau, pihak dokter yang mengetahui langsung memberikan penanganan pengobatan lebih lanjut. 

Menurut penuturan pihak keluarga pasien, balita Muhammad Sarwani beberapa hari sebelumnya mengalami gejala serangan flu. Ia mengalami panas atau demam tinggi disertai munculnya bintik-bintik merah pada bagian kulit tubuh.

Sejak dirawat mulai kemarin sore, saat ini kondisi pasien sudah mulai membaik. Kita rawat dulu pasien itu hingga dinyatakan sembuh. Mengingat penyakit flu Singapura ini termasuk kategori penyakit yang mudah menular ke orang lain melalui interaksi secara langsung, terang Reza.

Ia menambahkan, karena sudah adanya ditemukan pasien pengidap flu singapura di wilayah Kecamatan Hanau, membuat pihaknya meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisifasi terjadinya serangan wabah flu singapura itu. Karena posisi Pembuang Hulu Ibukota Kecamatan Hanau merupakan wilayah yang sering disinggahi (sebagai daerah transit) para penumpang angkutan darat tujuan Pangkalan Bun Sampit. Sehingga dinilai sangat rentan tingkat penularan.

Lokasi RSUD kita saja tepat berada di kilometer 142 ruas jalan Sampit-Pangkalan Bun yang posisi rumah sakit tepat dibangun ditepi ruas jalan penghubung antar kabupaten ini. Apalagi lokasi Pembuang Hulu Kecamatan Hanau dinilai tidak terlalu jauh jaraknya dari dan menuju Pangkalan Bun yang saat ini sedang marak ditemui kasus flu Singapura tersebut, ungkapnya.

Ia berharap, dari adanya penemuan kasus flu singapura yang sudah memasuki wilayah Seruyan, diharapkan pihak Dinas Kesehatan dibantu pihak rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan seperti pustu maupun puskesmas untuk dapat melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang ancaman serangan penyakit itu.

Untuk upaya antisifasi pencegahan penyebaran penyakit seperti melakukan sosialisasi, leading sektornya di Dinas Kesehatan. Kita dari pihak rumah sakit sifatnya hanya membantu sosialisasi oleh pihak dinas dengan tugas utama memberikan pelayanan dan pengobatan pasien kedapatan yang menderita penyakit flu tersebut. Kita berharap flu ini tidak mewabah di Seruyan seperti yang terjadi di Kobar, kata Reza. (PARNEN/m)

Berita Terbaru