Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wamen LHK: Karhutla Kalteng Butuh Penanganan Total

  • Oleh Marini
  • 01 Oktober 2023 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong mengatakan bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalimantan Tengan harus total dan benar-benar diperhatikan. 

"Ada 3 wilayah di Kalteng ini yang memiliki tekstur tanah gambut yang tebal, dan itu butuh penanganan total," ujar Alue, Minggu, 1 Oktober 2023.  

3 wilah tersebut yakni Tanjung Taruna (Pulang Pisau), Tumbang Nusa (Pulang Pisau), Kameloh Baru (Palangka Raya). Wilayang itu harus betul-betul diperhatikan dikarenakan memiliki tektur tanah gambut yang sangat tebal dibandingkan wilayah lain.

Apabila terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sangat sulit dipadamkan hanya dipermukaan saja, apabila tidak dengan ekstra sampai lapisan dalam yang terbakar.

"Saya melihat di Tanjung Taruna, Tumbang Nusa, Kameloh Baru kalau 1-2 hari kita bisa padamkan secara total maka kontribusinya secara linear bagus untuk tangani masalah asap yang ada di Kalteng, terutama untuk Kota Palangka Raya," ucapnya.

Dirinya memberitahukan, hari ini memberikan bantuan 25 unit mesin beserta alat pompa air dari Jakarta. Untuk membantu pemadaman api di 3 wilayah tersebut. Termasuk membangun sumur bor darurat yang sudah dibangun kemaren.

"Saya memberikan bantuan berupa mesin beserta alat pompa didatangkan dari Jakarta dibawa menggunakan pesawat Garuda. Untuk membantu pemadaman yang ada disini ya," katanya.

Ia juga menyampaikan, sejak hari Jumat sudah ada di Kalteng dan ikut serta membantu pemadaman api. Dan meminta sumur bor dan mesin pompa harus diperbanyak. Karena sumber air adalah kunci. (MARINI/H)

Berita Terbaru