Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Hewan Sedunia Diperingati Tiap 4 Oktober

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Oktober 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hari Hewan Sedunia diperingati pada  4 Oktober setiap tahunnya. Hal ini dibenarkan Pengelola Rumah Singgah Agung Testi atau RSAT Palangka Raya, Agung Priantoko kepada Borneonews pada Rabu, 3 September 2023.

Rumah singgah yang bergerak di lingkup kesejahteraan dan kesehatan hewan ini mengatakan bahwa Hari Hewan Sedunia memang diperingati pada awal Oktober, berdekatan dengan Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day yang disingkat WRD pada akhir September yakni 28 September.

"Awalnya, kalau saya tidak salah itu, dicetuskan Hari Hewan Sedunia ini tujuan utama adalah agar kesejahteraan hidup para hewan, baik peliharaan maupun liar, bisa meningkat," kata Agung.

Agung menjelaskan bahwa menurut sejarah, perayaan ini pertama kali diadakan pada tahun 1925 oleh seorang jurnalis dan aktivis hewan asal Polandia.

Hari Hewan Sedunia, lanjut Agung, dipelopori oleh seorang laki-laki asal Warsawa, Polandia bernama Heinrich Zimmermann yang merupakan seorang penulis sekaligus aktivis hewan.

"Tujuan dicetuskannya hari tersebut oleh Zimmernmann adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat sehingga kesejahteraan hidup para hewan meningkat," tutur Agung lagi.

Agung berpesan hari ini tidak sekadar dirayakan dan diperingati tetapi bisa dijadikan semangat baru agar masyarakat bisa lebih sadar bahwa manusia tidak hidup sendiri di dunia ini.

"Kita sebagai manusia tidak hidup sendiri di dunia ini, ada makhluk hidup lain juga seperti tumbuhan dan hewan. Untuk menjaga keseimbangan dunia, kita sebagai manusia wajib menjaga alam, termasuk isinya yakni hewan dan tumbuhan," tutur Agung lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru