Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Rasau Tumbuh Usulkan Cetak 60 Hektare Sawah Baru

  • 19 April 2016 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Desa Rasau Tumbuh, Kecamatan Kotabesi, Kabupaten Kotawaringin Timur, mengusulkan kepada pemerintah untuk membantu pencetakan sawah baru dengan luas lahan sekitar 60 hektare.

'Lahan yang sudah kami siapkan untuk cetak sawah baru lebih kurang 60 hektare,' kata tokoh masyarakat Desa Rasau Tumbuh, Sarifudin, Selasa (19/4/2016).

Sarif mengatakan, selama ini para petani di desa itu belum ada yang memiliki lahan pertanian, khususnya sawah. Padahal animo masyarakat untuk menanam padi sangat tinggi, sehingga mereka meminta bantuan pemerintah untuk membantu pencetakan sawah baru.

'Di desa kami belum ada sawah. Para petani menanam padi masih dengan cara tradisional di ladang. Ladang yang mereka manfatkan untuk menanam padi pun hanya edikit saja ya sekitar 20 ha,' ujar Sarif

Mantan Kepala Desa Rasau Tumbuh itu berharap usulan para petani di desa itu bisa diakomodir pemerintah. Dengan harapan jika cetak sawah itu terwujud dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani di desa itu.

Meski petani di desa masih mengandalkan sistem tanam tradisional dengan alat seadanya mereka dinilai sangat semangat untuk menanam padi. Semangat petani itu juga perlu adanya dukungan alat pertanian yang memadai dari pemerintah, karena selama ini petani desa itu masih minim bantuan.

'Yang dibantu pemerintah itu baru mesin pompa saja, sedangkan perontok padi itu bantuan dari pemerintah desa,' ungkapnya.

Usulan pencetakan sawah baru yang dilakukan warga itu juga sebagai wujud dukungan terhadap upaya pemerintah daerah mewujudkan swasembada beras daerah dan nasional yang ditargetkan pada 2017. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru