Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bacaleg Diperingatkan Tidak Curi Start Kampanye

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Oktober 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau memperingatkan seluruh bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari partai politik maupun independen (DPD) agar tidak memulai kampanye sebelum waktunya. Para Bacaleg juga diminta mengikuti tahapan Pemilu 2024 sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Tahapan kampanye, sudah ada jadwalnya. Nah, kalau ada yang kampanye sebelum jadwalnya, kami lakukan pencegahan,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Lamandau, Yustedi saat dikonfirmasi pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Mantan Komisioner KPU Kabupaten Lamandau itu menjelaskan, masa kampanye berlangsung dari November 2023 hingga 10 Februari 2024. Ia mengaku sudah menyurati semua Bacaleg dan partai politik agar tidak berkampanye sebelum jadwal tesebut.

“Semua (Bacaleg) sudah kami surati untuk upaya pencegahan. Disamping itu, kalau kami dengar (ada pelanggaran) kami telepon (Bacaleg dan partai politiknya),” tegas Yustedi.

Menurutnya, semua peserta pemilu mempunyai potensi melakukan pelanggaran. Yustedi menegaskan pengawasan terhadap peserta pemilu dilakukan secara ketat. Termasuk memantau semua daerah pemilihan (dapil) yang rawan dan pernah melakukan pelanggaran pada Pemilu sebelumnya.

“Pengawasan kami akan fokus pada (dapil) yang berpotensi rawan atau memang sudah rawan,” jelasnya.

Selain masa kampanye, pengawasan juga akan dilakukan pada tiap tahapan pemilu. Mulai dari tahapan pemutakhiran data pemilih, pendaftaran bakal calon legislatif, pencoblosan, hingga penghitungan suara.

Sebelumnya, sejumlah parpol sudah mendaftarkan nama-nama Bacaleg mereka ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau. Selanjutnya dilakukan pencermatan kepada nama-nama tersebut hingga nanti pada 3 November 2023 dilakukan penetapan dan 4 November 2023 akan diumumkan Daftar Calon Tetap (DCT). (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru