Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keterampilan Nakes PKM di Kapuas Ditingkatkan Lewat Kalakarya Pendekatan MTBS

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Oktober 2023 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Keterampilan tenaga kesehatan (nakes) Pusat Kesehatan Masyarakat atau PKM di Kabupaten Kapuas ditingkatkan lewat pendekatan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS).

Maka, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan pertemuan Praktek Lapangan (Kalakarya) MTBS Tingkat Puskesmas di Kabupaten Kapuas tahun 2023.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan mengatakan pihaknya menekankan 3 hal yang nantinya bisa diterapkan oleh petugas puskemas yang mengikuti pertemuan ini.

"Yaitu melaksanakan klasifikasi penyakit dan pengobatan serta konseling pada orang tua/pengasuh sesuai pedoman MTBS, memahami konsep MTBS, menggunakan bagan manajemen kasus sebagai standar pelayanan, melakukan tatalaksana bayi muda kurang dari 2 bulan, balita sakit umur 2 bulan sampai 5 tahun," kata Tonun, Senin, 16 Oktober 2023.

Menurut dia salah satu kerangka multi sektor dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi yaitu akses dan kualitas pelayanan kesehatan yang meliputi salah satunya pelayanan kesehatan balita. 

Untuk itulah Kementerian Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan pemenuhan upaya kesehatan anak agar dapat meningkatkan kelangsungan hidup baik dari segi fisik, mental dan tumbuh kembang yang optimal. 

"Salah satu upaya dalam menurunkan angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian balita antara lain melalui peningkatan ketrampilan tenaga kesehatan di puskesmas melalui pendekatan MTBS.

Adapun peserta kegiatan ini dari 20 Puskesmas yang belum mengikuti pelatihan MTBS, dimana setiap puskesmas mengirim peserta sebanyak 3 orang yang terdiri dari dokter, bidan, perawat/petugas gizi.

"Dengan menghadirkan 2 orang fasilitator MTBS Provinsi Kalimantan Tengah dr. Eka Fithria dan Ni Luh Putu Dewi Novitasari," pungkasnya. (DODI/J)

Berita Terbaru