Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seekor Bayi Bekantan Terpisah dari Induknya Akibat Terkepung Karhutla

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 18 Oktober 2023 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor bayi bekantan jantan terpisah dari induknya diduga karena terkepung kebakaran lahan yang terjadi di Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Kami mendapat laporan bayi bekantan tersebut ditemukan warga, Selasa, 17 Oktober 2023, pagi hari," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit Muriansyah, Rabu, 18 Oktober 2023.

Warga mendengar suara seperti tangisan atau rintihan hewan di belakang rumah. Ketika didatangi, rupanya seekor bayi bekantan sendirian tanpa induk atau rombongannya.

Bayi bekantan tersebut diduga terpisah dari induknya karena 3 minggu terakhir di Desa Lampuyang dan sekitarnya terjadi kebakaran lahan. Wilayah yang didominasi lahan gambut tersebut sulit dipadamkan, sehingga mendesak satwa menjauhi api aktif menuju sekitar permukiman warga.

Semula bayi bekantan direncanakan dipertemukan dengan induknya dengan cara doletakkan kembali di lokasi penemuan. Namun setelah 1,5 jam induknya tak kunjung datang.

"Akhirnya kami memutuskan untuk melakukan evakuasi. Saat ini bayi bekantan berada di Pos Sampit. Saya baru saja tiba di kota sampit dengan membawa bayi bekantan tersebut," ujar Muriansyah. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru