Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD: Perlu Pengawasan Ketat Terhadap Pemanfaatan SDA di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 20 Oktober 2023 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Natalia mengatakan perlu adanya pengawasan ketat terhadap pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di Kalteng ini terutama yang ada di laut dan sungai.

Menurutnya, hingga sampai saat ini wilayah Kalteng masih rawan terjadinya ilegal fishing baik di laut maupun sungai seperti menangkap ikan menggunakan bom, setrum, potas atau racun ikan, dan lain sebagainya.

"Memanfaatkan SDA di laut maupun sungai dengan cara ilegal itu sangat tidak diperkenankan, pemerintah bersama pihak terkait lainnya harus memperketat pengawasan terhadap hal itu," ucapnya, Jumat, 20 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, apabila menangkap ikan dengan cara ilegal maka dampak negatifnya yakni aneka ragam hayati yang ada di laut maupun sungai akan punah, sehingga tidak dapat lagi dinikmati kemudian hari.

Oleh karena itu, masyarakat hendaknya ketika memanfaatkan SDA di laut dan sungai misalnya menangkap ikan lebih pada menggunakan peralatan atau alat yang legal, sehingga keberlangsungan hayati laut maupun sungai bisa tetap terjaga dan lestari.

Di sisi lain, agar pengawasan bisa dilakukan dengan baik dan berkesinambungan maka perlu bagi pemerintah membentuk tim pengawas lapangan. Tim ini tidak hanya menindak oknum yang melakukan ilegal fishing tapi juga mensosialisasikan dampak dari ilegal fishing kepada masyarakat.

"Itu penting agar nantinya ruang gerak pelaku ilegal fishing semakin sempit dan bisa ditekan, karena kita ingin SDA yang ada di laut maupun sungai khususnya di wilayah Kalteng ini tetap terjaga dan bisa dinikmati anak cucu yang akan datang," imbuhnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru