Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diduga Akibat Karhutla, Kucing Hutan Masuk Pekarangan Rumah Warga

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 Oktober 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seekor anakan kucing hutan ditemukan di pekarangan rumah warga di Jalan Bukit Indah, Palangka Raya pada Jumat, 20 Oktober 2023. Kawasan rumah Kristin, pelapor ini, memang berdekatan dengan kawasan rawa dan hutan Gurame yang terbakar baru-baru ini.

"Dugaan kami anakan kucing hutan ini tersasar karena kabur dari karhutla yang terjadi beberapa waktu lalu di hutan kawasan Jalan Gurame. Di tambah lagi di dekat sini juga ada rawa yang memang habitat asli dari kucing hutan," kata Pengelola RSAT Palangka Raya, relawan yang bergerak dalam kesejahteraan hewan, Agung Priantoko kepada Borneonews pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Agung menjelaskan bahwa saat ini kucing hutan tersebut tengah dititipkan di Klinik Hewan Palangka Raya sementara dirinya berkoordinasi dengan pihak terkait yang menaungi soal satwa liar.

"Karena kami tau satwa ini merupakan satwa yang dilindungi negara dan memang satwa langka, maka kita tidak bisa bergerak sendiri dan harus menghubungi pihak terkait yang menaungi soal satwa liar atau wild life," terang Agung.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Provinsi Kalteng dalam sebuah kegiatan yang diikuti Borneonews pernah mengungkapkan bahwa spesies kucing liar di Kalteng, seperti kucing merah dan kucing hutan jenis lain termasuk macan dahan, merupakan satwa endemik Kalimantan yang sangat sulit ditemukan.

Para aktivis konservasi juga merayakan Hari Macan Dahan Sedunia atau World Clouded Leopard Day setiap tanggal 4 Agustus sebagai penanda perlindungan satwa liar tersebut.

Satwa ini didapuk sebagai Predator Puncak di Kalimantan karena tidak ada lagi hewan predator yang lebih tinggi dari Kalimantan selain Kucing Hutan. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru