Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

25 Ribu Bibit Ikan Siap Ditebar di Danau Marang

  • 20 April 2016 - 19:45 WIB

Pemerintah Kota Palangka Raya berencana menebar 25.000 benih ikan di Danau Marang, Kecamatan Bukit Batu.

Kepala Dinas Perikanan Kota, Helmi di Palangka Raya, Rabu mengatakan bahwa penebaran bibit ikan tersebut merupakan langkah meningkatkan jumlah populasi ikan akibat produksi yang dilakukan dengan cara penangkapan.

'Benih ikan itu akan kita tebar di Danau Marang, Kelurahan Marang, Kecamatan Bukit Batu dengan jenis benih meliputi ikan gurame (kalui), ikan betok (papuyu) dan ikan gabus (haruan),' papar Helmi, Rabu (21/4/2016).

Sementara pada 2015, pihaknya juga telah menabur 25.000 benih ikan gurame. Penebaran bibit ikan tersebut dilakukan di Danau Hanjalutung, Kelurahan Petuk Ketimpun, Kecamatan Jekan Raya.

Ia mengatakan, kegiatan penebaran bibit ikan ini juga telah dilakukan pemerintah pusat melalui kementerian kelautan dan perikanan. Helmi mengatakan bahwa pemanfaatan perairan di wilayah Kota Cantik Palangka Raya beberapa waktu lalu masih dilakukan melalui kegiatan penangkapan ikan menggunakan alat tak ramah lingkungan.

'Penggunaan alat tangkap tak ramah lingkungan dan maraknya ilegal fishing atau menangkap ikan menggunakan racun, bom, potas dan setrum dapat merusak ekosistem dan berakibat pada turunya jumlah stok ikan di alam,' katanya.

Namun, Helmi menilai bahwa kebiasaan ilegal fishing tersebut mulai berkurang. Hal tersebut, kata dia ditunjukkan dengan semakin banyaknya warga yang melakukan budidaya ikan. (ANT/B-12)

Berita Terbaru