Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkuat Kerajinan Rotan dan Industri Kecil Menghadapi MEA

  • 20 April 2016 - 19:48 WIB

DISPERINDAGKOP dan UMKM Kapuas terus mendorong masyarakat agar mengembangkan kerajijanan dan industri kecil guna mendukung keemajuan perekonimian daerah dan persiaspan menghahdapi pasar bebas asia atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

'Kalau kita lihat kondisi ekonomi bangsa kita hingga kini belum stabil dan bisa dirasakan semua lapisan masyarakat, maka dipandang perlu keseriusan pemerintah dan swasta untuk meningkat'kan keseriusan dalam menghadapi tantangan yang sedang dihadapi. Untuk selalu mengembangkan industri ke'ra'jinan rotan sebagai potensi daerah serta warisan budaya yang harus dikembangkan,' tutur Teras D Suhin, Kepala Disperindagkop Kapuas.

Dia mengatakan sejalan dengan program Pemkab Kapuas dalam meningkatikan kapasitas ilmu pengetahun dan teknologi (IPTEK) sistem produksi, maka perlu keseriusan menghadapi tantangan. Salah satnuya sektor industri kecil yang perlu ditingkatkan.

'Industri kecil yang cukup menjanjikan itu salah satunya kerajinan rotan yang merupakan kerajinan turun temurun dan warisan budaya yang wajib dijaga dan dilestarikan,' ungkapnya.

Apalagi dalam era otonomi daerah, peranan swasta sangat penting. Hal itu untuk memajukan roda perekonomian dan mempersiapkan diri pengrajin dalam menghadapi pasar bebas.

Mengapa kerajinan rotan kata Teras karena bisa menjadi sumber penghasilan pengrajin. Selain itu kerajian rotan bisa sebagai daya tarik kunjungan wisata di Kapuas. (JM/B-6)

Berita Terbaru