Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resmikan Proyek CBI Group, Ini yang Disampaikan Wapres Maruf Amin

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 Oktober 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Keberadaan perusahaan besar swasta yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit di Provinsi Kalteng merupakan salah stau industri strategis nasional.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam kegiatan peresmian Proyek Citra Borneo Indah (CBI) Group berupa Hotel Mercure, Abdul Rasyid Tower serta Project Downstream PT. Citra Borneo Utama, Tbk (CBUT) yang berada di Kawasan Industri PT. Surya Borneo Industri (SBI) di Tempenek, Kecamatan Kumai, Rabu. 25 Oktober 2023.

Menurut Wapres, Indonesia dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa kekayaan alam yang luar biasa dan tersebar di berbagai wilayah.

"Wujudnya beragam, di antaranya sektor perkebunan, peternakan hingga pariwisata. Untuk sektor perkebunan Indonesia menjadi penghasil sawit terbesar di dunia. Bahkan Kalimantan Tengah sendiri menyumbangkan sekitar 7 dari 45 juta ton produksi kelapa sawit nasional Tahun 2022  dan saat ini juga menjadi salah satu industri strategis nasional yang menghidupi hingga 20 juta jiwa," jelas Wapres.

Menurut Wapres, dirinya juga  melihat Kalteng mulai menggalakan pengembangan industri pariwisatanya.

"Kabupaten  Kobar dengan keindahan wilayahnya menjadi daerah tujuan wisata terkemuka  di Kalteng, terutama dengan keberadaan  Taman Nasional Tanjung Puting, Kesultanan  Kutaringin dan lainnya. Tentunya hal ini harus dimanfaatkan secara baik dan bijak untuk kesejahteraan masyarakat tapi juga dengan tetap memperhatikan asas lestari di dalam pengelolaan dan pemanfaatan," jelas Wapres.

Wapres juga mengapresiasi CBI Group atas upaya mengelola bisnis hulu dan hilir kelapa sawit.

"Dengan membangun pabrik konsentrat,  pakan ternak dan produk turunan kelapa sawit lainnya. Serta turut mendukung pengembangan hotel bintang 4 di Pangkalan Bun. Adanya pembangunan ini berdampak bagi penyerapan tenaga kerja meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menambah pendapatan daerah maupun negara sekaligus membangun komunitas lokal dan mengentaskan kemiskinan masyarakat sekitar," jelas Wapres. (WAHYU KRIDA/j)

Berita Terbaru