Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Dorong Pemberian ASI kepada Anak

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Oktober 2023 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara terus mendorong pemberian ASI kepada anak, karena pemberian air susu ibu terbukti efektif dalam mencegah stunting.

"Pemberian ASI juga menjadi salah satu intervensi prioritas yang untuk terbukti efektif dalam mencegah stunting," kata Pejabat Bupati Sukamara, Kaspinor pada acara seminar  Pemberian Asi Eksklusif, Kamis, 26 Oktober 2023.

Dia menuturkan, saat ini, Pemerintah sedang berupaya untuk menurunkan kovalensi stunting hingga 14 persen pada tahun 2024. Sehingga, pemberian ASI kepada anak harus terus didorong agar prevalensi stunting dapat segera turun.

"Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dalam rangka melanjutkan pertumbuhan otak, hati, dan sistem imunnya," ujarnya.

Menyusui adalah proses alami, tapi pelaksanaannya tidak selalu mudah. Banyak ibu yang mengeluh akhirnya tidak keluar sehingga memutuskan untuk berhenti memberikan ASI. Banyak ibu pekerja juga menghentikan pemberian ASI, dengan alasan kesibukan pekerjaan. Seharusnya, hal tersebut tidak menjadi halangan bagi ibu untuk terus menyusui.

"Yang diperlukan oleh ibu adalah dukungan terutama dari suami, keluarga dan lingkungan tempat bekerja agar tetap bisa memberikan ASI kepada anaknya," tukas Kaspinor.  (NORHASANAH/Y)

Berita Terbaru