Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Personil Polda Kalteng Disiagakan di Kantor KPU dan Bawaslu

  • Oleh Pathur Rahman
  • 26 Oktober 2023 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 41 personel dari Direktorat Samapta Polda Kalteng ditempatkan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalteng untuk memastikan lancarnya proses demokrasi.

Pengamanan ini bertujuan untuk memastikan hak warga negara dalam menggunakan hak pilihnya tanpa ada tekanan atau ancaman, dan mengamankan objek vital yang berkaitan dengan pemilu.

Kabidhumas Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Erlan Munaji, menyatakan bahwa pengamanan di KPU ini pihaknya mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dan secara humanis.

"Preemtif ini kita melihat situasi, kondisi dan menganalisa perkembangan wilayah di Kalimantan Tengah. Kemudian kegiatan preventif melakukan kegiatan patroli, himbauan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat rangkaian kegiatan pemilu kemudian tahapan-tahapannya." Katanya, Kamis, 26 Oktober 2023.

Erlan menegaskan bahwa kegiatan pengamanan ini bertujuan untuk menjaga situasi Kamtibmas (Ketertiban dan Keamanan) pada tahapan pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. 

"Dengan upaya pengamanan yang kuat dan koordinasi yang baik antara aparat keamanan dan lembaga pemilu, diharapkan Pilkada Kalteng berjalan dengan aman dan damai," Pungkasnya (PATHUR/H)

Berita Terbaru