Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Lamandau Bentuk Gugus Tugas Pengawasan Pelanggaran Pemilu

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 Oktober 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lamandau mulai merancang pembentukan gugus tugas pengawasan dan pencegahan pelanggaran Pemilu. Gugus tugas tersebut akan melibatkan Diskominfosandi Kabupaten Lamandau.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lamandau, Yustedi mengatakan, gugus tugas ini tugasnya mengurangi sumber berita bohong atau hoaks, ujaran kebencian, dan isu suku, ras, agama, antargolongan (SARA) di berbagai platform media sosial selama tahapan pemilu.

“Gugus tugas tersebut dibentuk sebagai alat edukasi, sumber berita benar/positif untuk meminimalisir hoaks,” kata Yustedi di Nanga Bulik, Jumat, 27 Oktober 2023.

Ia berharap, keberadaan gugus tugas ini dapat mempermudah kerja-kerja penyaringan kabar bohong di berbagai platform media sosial. “Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kita berpikir untuk pentingnya dibentuk gugus tugas ini,” ujarnya.

Yustedi juga mengutarakan pentingnya pembentukan gugus tugas pengawasan konten medsos ini. Gugus tugas tersebut diperlukan agar tidak terjadi polarisasi atau pembelahan masyarakat.

“Perlu hubungan lintas sektor yang mempunyai wewenang dalam menangani konten internet yang dapat memecah persatuan serta melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan,” sebutnya.

Mantan Komisioner KPU Kabupaten Lamandau itu juga mengajak insan pers di daerah setempat turut serta berpartisipasi dalam pengawasan pemilu dan secara intensif berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Lamandau.

“Peran media juga sangat vital dalam hal ini, saya harapkan kerja sama kawan-kawan media. Kedepan kita akan bahas bagaimana bbentuk dan pola kerja sama nya,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru