Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Timur Berharap Organisasi Kepemudaan Berperan Aktif dalam Pembangunan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Oktober 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar berharap Organisasi Kepemudaan (OKP) berperan aktif dalam pembangunan. Harapan itu disampaikannya saat diwawancarai usai memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Tamiang Layang, Senin, 30 Oktober 2023.

"Dengan berbagai fasilitas dan kemampuan serta tugas dan fungsi yang dimiliki, (OKP) dapat mengambil jalur positif bersama-sama pemerintah, swasta dan masyarakat untuk membangun Barito Timur dengan baik," ujarnya di hadapan wartawan.

Panahan mengungkapkan, peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut seyogyanya dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober, namun ditunda hingga hari ini karena pada tanggal 28 Oktober dilaksanakan peringatan tingkat provinsi di Kabupaten Kapuas dan dihadiri seluruh kabupaten/kota.

"Kemarin (tanggal 28 Oktober) dilaksanakan secara serentak tingkat provinsi yang di pusatkan di Kabupaten Kapuas," ucapnya.

Menurut Sekda, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme.

"Selain itu, juga sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, Berbangsa satu Bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia," tambahnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, terang Panahan, mengusung tema Bersama Majukan Indonesia, dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

"Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia, yang seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusivitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional," tandasnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru