Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Laporkan Hasil Rapat Kerja Pengajuan Raperda Pajak dan Retribusi Daerah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Oktober 2023 - 22:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - DPRD Kabupaten Barito Timur menyampaikan laporan hasil rapat kerja atas pengajuan rancangan peraturan daerah atau Raperda tentang pajak daerah dan retribusi daerah dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD, Nursulistio, Senin, 30 Oktober 2023.

Laporan tersebut dibacakan oleh juru bicara DPRD Barito Timur H Ahmadi. Turut hadir pada rapat paripurna Wakil Ketua I dan II DPRD, Sekretaris DPRD, para anggota DPRD, Asisten I Sekda, Kepala Bapenda, Kapolsek Dusun Timur dan tamu undangan lainnya.

Saat diwawancarai usai rapat, Nursulistio mengaku pihaknya telah melakukan penyesuaian agar Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah bisa menjadi payung hukum dan dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan keinginan Pejabat (Pj) Bupati Barito Timur untuk meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD.

"PJ Bupati menargetkan PAD yang lebih baik, harapan kita dengan regulasi yang sudah kita persiapkan ini bisa segera ditindaklanjuti dengan peraturan bupati mengenai pajak dan retribusi," ujarnya.

Secara pribadi Nursulistio berpendapat merespon positif keprihatinan PJ Bupati Barito Timur terkait kondisi PAD Barito Timur yang rendah.

"Berarti beliau memiliki perhatian dan keinginan untuk mengangkat PAD Barito Timur. Kami berterima kasih atas keprihatinan beliau dan upaya untuk meningkatkan PAD," katanya.

Politisi Partai Golkar ini melihat banyak sekali potensi di Barito Timur yang bisa dimaksimalkan untuk peningkatan PAD. Namun menurutnya, banyak hal yang berkaitan satu sama lain yang perlu dibenahi agar bisa menunjang peningkatan PAD seperti pelayanan dan pembangunan infrastruktur.

"Mungkin beliau sudah mulai dengan peningkatan pelayanan publik, nanti kita benahi lagi dengan ketepatan pembangunan infrastruktur sehingga PAD tidak lagi seperti sekarang yang hanya sebesar Rp77,7 miliar," ucap Nursulistio.

Dia mengungkapkan, keseriusan DPRD dan eksekutif untuk meningkatkan PAD dapat dilihat dari target PAD 2024 yang meningkat menjadi Rp100 miliar.

"Kita sudah susun untuk tahun depan PAD kita Rp100 miliar, itu tidak muluk-muluk, itu nilai yang optimis dan realistis saja," tegasnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru