Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfosantik Kalteng Ajak Masyarakat Cegah Hoaks di Sosial Media

  • Oleh Marini
  • 31 Oktober 2023 - 07:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi serta akses internet, hoaks dengan mudah menyebar melalui berbagai platform media sosial. 

Hoaks bisa menjadi pemicu munculnya keributan, keresahan, perselisihan bahkan ujaran kebencian.

Untuk itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalteng Agus Siswadi mengajak masyarakat untuk mencegah, dan bersama-sama menangkal penyebaran berita hoaks. 

"Hoaks adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar namun dibuat seolah-olah benar adanya. Berita bohong atau informasi palsu tersebut sering menimbulkan kerugian," katanya, Senin, 30 Oktober 2023.

Ia juga memberikan tips agar tidak terpengaruh oleh berita hoaks, yaitu memeriksa terlebih dahulu sumber dan kebenaran berita tersebut. Baru bisa menyebarkannya kepada sesama pengguna media sosial.

"Agar dapat berjalan dengan baik tentunya membutuhkan dukungan, serta peran aktif dari berbagai lembaga yang membidangi komunikasi dan informasi serta dukungan dari masyarakat," tuturnya.

Ia juga menyampaikan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta Dinas Kominfo yang ada di provinsi, kabupaten/kota memiliki peran penting dalam upaya pencegahan dan penanganan hoaks.

Yang bertujuan untuk memastikan informasi yang disajikan kepada publik adalah berdasarkan fakta yang valid. (MARINI/H)

Berita Terbaru