Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lapas Sampit Makin Kumuh

  • 22 April 2016 - 19:35 WIB

LEMBAGA Pemasyarakatan Klas IIB Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), terlihat makin sesak dan kumuh akibat jumlah narapidana dan tahanan yang menghuni tempat itu jauh melebihi kapasitas.

'Lapas ini sudah sangat over kapasitas, makanya kumuh tapi kami mencoba memperbaikinya. Kami tetap berusaha maksimal memberikan layanan kepada para warga binaan secara manusiawi,' kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sampit, Supari.

Kamis (21/4/2016) siang, jumlah narapidana dan tahanan yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan Sampit sebanyak 540 orang. Jumlah

ini jauh berkali-kali lipat melebihi kapasitas maksimal yang seharusnya hanya 200 orang.

Banyaknya jumlah narapidana dan tahanan terjadi karena Lembaga Pemasyarakatan Sampit juga menerima tahanan titipan dari kabupaten tetangga, khususnya Seruyan. Kondisi ini cukup rawan terjadinya masalah seperti perkelahian antarnarapidana maupun tindak pelanggaran lainnya.

Untuk mengurangi kepadatan isi ruangan yang tersebar di lima blok setempat, pihak lembaga pemasyarakatan mengirim sebagian narapidana kasus narkoba ke Lembaga Pemasyarakatan Narkotika di Kabupaten Katingan.

(ANT/B-11)

Berita Terbaru