Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Respon Program KUR Menggembirakan

  • 22 April 2016 - 19:51 WIB

KEPALA Dinas Kope'rasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Barito Timur Arsepto Halin mengatakan, berdasarkan informasi dari perbankan bahwa respon masyarakat atas program Kredit Usaha Masyarakat (KUR) sangat menggairahkan. Warga antusias memanfaatkan pinjaman untuk membangun dan mengembangkan usaha.

Respon positif yang diberikan masyarakat dinilai tak lepas dari langkah sosialisasi yang dihelat pihaknya sepanjang Maret lalu ke 10 kecamatan.

'Informasi sementara yang kami terima, sudah ada ratusan warga yang mengajukan pinjaman kepada pihak bank,' kata Arsepto, Jumat (22/4/2016).

Dalam program KUR tahun ini, jelas Arsepto, dialokasikan dana Rp72 miliar di bank. Kebanyakan pinjaman yang diajukan adalah untuk pengembangan usaha mikro, yakni dalam angka di bawah Rp50 juta. 

Melihat besarnya animo yang ditunjukkan, sambungnya, pihaknya berkeyakinan target yang dipatok mampu tercapai.

Menurutnya, yang membuat warga berminat mengikuti program ini adalah kemudahan proses administrasi mendapatkan pinjaman. Disamping itu, masyarakat juga dikenankan suku bunga rendah serta tidak diberatkan dari sisi jaminan usaha.

Setiap pengguna KUR yang meminjam melewati jasa salah satu perbankan yang ditunjuk pemerintah juga mendapatkan kemudahan lain, yakni sistem pengembalian modal dan bunga yang cukup melewati agen desa.

'Pengembalian tidak sentralistik. Pengguna KUR tidak perlu repot menyambangi induk kecamatan untuk melakukan pembayaran.' 

Meski mendapat respon positif, tambah Arsepto, namun pihaknya tetap selektif memberikan bantuan. Sebelum disalurkan pihaknya bersama bank terlebih dahulu meninjau ke lapangan. 

(Tbs/B-5) 

Berita Terbaru