Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Hoaks di Media Sosial, Pemprov Kalteng Bentuk Desk Pemilu dan Desk Pilkada

  • Oleh Marini
  • 06 November 2023 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Untuk mengantisipasi berbagai permasalahan dalam pesta demokrasi, salah satunya hoaks atau berita bohong maka Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden mengatakan, saat ini pihaknya telah melaksanakan persiapan pembentukan Desk Pemilu dan Desk Pilkada.

Kedua desk tersebut bertujuan untuk pemantauan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Mengantisipasi berbagai permasalahan di dalam pelaksanaannya, termasuk juga menyaring berbagai isu yang berkembang di media sosial.

"Desk Pemilu dan Pilkada mencakup berbagai unsur yang ada di pemerintah daerah termasuk TNI/Polri, Kejaksaan, KI, sehingga nantinya bisa memfilter berita-berita hoaks atau informasi yang tidak benar dengan dilakukan klarifikasi," kata Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kalteng ini, Senin, 6 November 2023.

Desk tersebut menurutnya disesuaikan dengan kebutuhan kabupaten dan kota wilayah Kalteng, serta sebagai acuan pihaknya dalam monitoring tentang persiapan KPU maupun Bawaslu dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada.

Ia menambahkan, adanya desk Pemilu dan Pilkada untuk monitoring kabupaten/kota se-Kalteng untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada, serta melakukan pemantauan terhadap kondisi keamanan dan ketertiban setiap tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

Penting juga untuk mencegah terjadinya penyebaran disinformasi dan berita hoaks dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024.

"Desk ini juga memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat. Sehingga, literasi masyarakat bagus dan buat anggaran dicairkan tahun ini semuanya, ya aman semuanya lah," katanya. (MARINI/j)


TAGS:

Berita Terbaru