Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlindungan Terhadap Wartawan, Ini Kata Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun

  • Oleh Apriando
  • 09 November 2023 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah menggelar acara Diseminasi perlindungan terhadap Wartawan. Kegiatan tersebut digelar di Hotel BW Batang Garing Palangka Raya, Kamis, 9 November 2023.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun mengatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk perlindungan terhadap wartawan 

"Acara hari ini lebih perlindungan terhadap wartawan, bagaimana wartawan itu dalam bertugas terlindungi. Perlindungan terhadap wartawan itu sudah ada dalam Undang-undang Pers," katanya.

Hendry Ch Bangun wartawan yang dilindungi tersebut adalah wartawan profesional, memiliki sertifikat kompetensi, kemudian berorganisasi. 

"Karena jika dia berorganisasi apabila bermasalah itu. Di organisasi itu ada mahkamah Etik, jika dia tidak berorganisasi tidak ada yang mengatur terkait perkembangan masalah etik," ujarnya.

Ia menambahkan, perlindungan terhadap wartawan itu sudah maksimal, dewan pers mempunyai MOU bersama dengan kapolri, dan perjanjian kerjasama dengan Bareskrim yang pada intinya menyampaikan setiap pengaduan karya jurnalistik atau apapun yang menyangkut media dan wartawan itu harus diminta dulu pendapat dewan pers. 

"Jika dewan pers mengatakan itu kasus jurnalistik maka akan berhenti di dewan pers dan akan ditangani. Namun jika bukan dan sifatnya pidana itu akan ditangani oleh kepolisian. Jelas sekali jangan sampai polisi menangani kasusnya yang jurnalistik," pungkasnya. (APRIANDO/j)

Berita Terbaru