Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Apresiasi Disnakertranskop UKM Barito Utara Gelar Pelatihan Kerajinan Anyaman Rotan

  • Oleh Ramadani
  • 10 November 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Iqbal Reza Erlanda mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara yang telah menggelar kegiatan pelatihan kerajinan anyaman berbahan dasar rotan bagi pengrajin anyaman, di aula Kecamatan Teweh Tengah, Rabu, 8 November 2023 kemarin. 

Menurut Iqbal, pelatihan yang diadakan ini agar para peserta dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara menjaga kualitas produk untuk meningkatkan daya saing produk yang diolah oleh para pengrajin anyaman berbahan dasar rotan.

“Saya selaku anggota DPRD Barito Utara, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan pelatihan anyaman yang berbahan rotan ini,” kata politisi Partai Demokrat Barito Utara ini, Jumat, 10 November 2022.

Dikatakannya, pelatihan kerajinan anyaman berbahan dasar rotan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan para peserta. 

“Seperti modifikasi berbagai tas, dompet dan lain-lain, dengan bahan dasar rotan kombinasi dengan bahan kulit, sehingga menghasilkan produk yang trend mengikuti perkembangan zaman, berkualitas dan bernilai jual tinggi yang dapat diterima masyarakat modern dan dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas,” kata dia. 

Dia berharap, pelatihan ini dengan adanya pelatihan ini, akan terciptanya tenaga kerja, termasuk tenaga kerja mandiri (wirausaha) yang memiliki kompetensi, profesional dan berdaya saing. 

“Sehingga dengan adanya pelatihan ini para peserta akan mampu memasuki dunia kerja atau dunia usaha atau berwirausaha yang  nantinya akan memberikan dampak meningkatnya pendapatan, mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di wilayah kita, Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru