Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Garda Terdepan Tangani Kasus Kematian Bayi dan Anak

  • Oleh Marini
  • 15 November 2023 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Suyuti Syamsul mengatakan, Puskesmas adalah garda terdepan dalam menangani kasus kematian bayi dan anak.

Karena Puskesmas menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan. Sehingga masyarakat mengutamakan berobat di Puskesmas sebelum dirujuk ke rumah sakit. 

"Puskesmas ini sebagai lini pertama dalam menangani kasus kematian bayi dan anak. Untuk itu, kami selalu gencarkan sosialisasi dan edukasi terutama dalam menangani Pneumonia yaitu suatu peradangan pada paru yang menyebabkan adanya gangguan fungsi pada paru, yang kerap menyebabkan kematian pada bayi dan anak," katanya, Rabu,15 November 2023.

Ia juga mengharapkan dalam pelayanan kesehatan, pelayanan prima dicerminkan dari pelayanan terbaik yang diberikan semua karyawan fasilitas kesehatan yang ada di Puskesmas. 

Selain itu juga, mengutamakan SOP yang mendukung kemudahan dan kenyamanan bagi pasien. Serta didukung oleh alur dan sistem yang efektif, tentunya juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan prosedur medis, terutama dalam menghadapi pasien bayi dan anak.

"Puskesmas merupakan garda terdepan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat. Karena Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang dekat dengan masyarakat untuk menyelesaikan masalah kesehatan. Oleh karenanya kami kerap mengajarkan mereka tata cara medis dalam menangani pasien langkah awal sampai akhir dalam penanganan," tuturnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru