Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Komoditi Berbasis Ekonomi Diharapkan Berikan Kontribusi Bagi Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 16 November 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara berharap pengembangan komoditas berbasis kawasan ekonomi dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat di Bumi Gawi Barinjam.

Penjabat Bupati Sukamara, Kaspinor mengatakan, pengembangan komoditas berbasis kawasan ekonomi atau ecomomic scale merupakan salah satu upaya untuk peningkatan produksi dan pelestarian lingkungan.

"Seperti saat ini, yang sedang kita hadapi adalah cuaca ekstrem atau musim kemarau yang panjang, sehingga sumber-sumber air menjadi kering," ujar Kaspinor dalam rakor rekomendasi perlindungan LP2B, Kamis, 16 November 2023.

Dengan situasi saat ini, dirinya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan secara bijaksana, membuat cadangan air di lokasi pertanian. Sellain itu, dalih dari ekonomi dan ekologi harus seimbang.

"Mari kita berpikiran bahwa menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan akan semakin penting mengingat semakin banyaknya bencana yang terjadi," ucapnya.

Menurut Kaspinor, apabila ingin lingkungan senantiasa mendukung kepentingan manusia dalam beraktivitas di muka bumi, maka perlu kesadaran  tinggi dan kearifan akan kelestarian alam yang semakin kuat dari semua orang.

"Marilah kita mulai dari yang kecil, yaitu dengan memanfaatkan lahan pekarangan dengan gerakan tanam cepat panen, menanam sayur-sayuran dengan  memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian tanaman pangan," ajaknya. (NORHASANAH/Y)

Berita Terbaru