Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Diskominfo SP Palangka Raya Minta Orangtua Cegah Kecanduan Gadget dan Game Online pada Anak

  • Oleh Pathur Rahman
  • 16 November 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) SP Palangka Raya Saipullah, mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah kecanduan gadget dan game online pada anak-anak.

Menurutnya, langkah ini dapat dilakukan dengan cara membatasi dan membuat jadwal penggunaan gadget. Selain itu, memantau aktivitas anak saat menggunakan gadget juga sangat penting.

"Saya mengajak orang tua dan masyarakat secara umum untuk membatasi waktu penggunaan gadget bagi anak-anak, serta membuat jadwal yang teratur dalam penggunaannya. Hal ini tidak hanya untuk mencegah kecanduan, tetapi juga untuk mengajarkan kedisiplinan kepada anak-anak," katanya, Kamis 16 November 2023.

Menurut Saipullah, upaya ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara penggunaan teknologi dan aktivitas fisik serta sosial anak-anak. Karena aktivitas dan kegiatan sosial anak juga perlu diperhatikan.

Hal ini karena penting bagi anak-anak untuk memiliki waktu yang seimbang antara aktivitas menggunakan gadget dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat secara fisik maupun sosial tentunya.

"Memantau aktivitas anak ketika menggunakan gadget menjadi hal yang sangat penting. Orang tua perlu terlibat aktif dalam memahami apa yang anak-anak lakukan di dunia digital," Pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru