Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Kembangkan Komoditas Bawang Merah

  • 26 April 2016 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pembangunan pertanian di Kabupaten Kotawaringin Timur turus mengalami perkembangan. Tidak hanya komoditi unggulan seperti padi yang menunjukkan hasil, daerah ini kini juga mulai mengembangkan tanaman hortikultura seperti bawang merah dan cabai.

'Kelompok-kelompok tani khusus budidaya bawang merah dan cabai kini bertambah. Bahkan baru-baru ini ada satu kelompok Tani Bumi Indah dari program penitipan lahan penerima bantuan bawang merah dan cabai,' kata Kepala Dinas Pertanian peternakan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (DP3KP) Kabupaten Kotim, I Made Dikantara, Selasa (26/4/2016).

Dia mengungkapkan, pada tahun lalu tanaman bawang merah mulai dikembangkan oleh kelompok-kelompok tani, terutama di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotim. Hasilnya, tanaman hortikultura ini juga bisa berproduksi di lahan gambut.

Seperti yang dilakukan kelompok Tani Teratai yang lahannya berada di jalan HM Arsyad Sampit, Kecamatan MB Ketapang, Sampit, dan juga oleh Kelompok Tani Betang Makmur, Kelurahan Pasir Putih Kecamatan MB Ketapang.

'Para petani di sana berhasil panen bawang merah dengan hasil yang cukup baik. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, dalam satu hektare lahan rata-rata mampu menghasilan sekitar delapan ton lebih bawang merah kering. Lama tanamnya hanya sekitar dua bulan,' jelas dia.

Melihat hasil kelompok-kelompok tani tersebut, DP3KP Kotim optimistis budidaya bawang merah merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi petani. Pengembangan bawang merah juga akan dilakukan secara berkelanjutan.

Mengingat komoditas ini merupakan salah satu yang diprioritaskan, karena tanaman kebutuhan bahan dapur tersebut dinilai memengaruhi inflasi di Kalteng,

'Kami sudah mempersiapkan kelompok taninya, dan melihat semangat mereka dengan hasil produksi bawang maupun cabe, kami yakin kelompok tani yang menerima bantuan bawang merah dan cabai ini bisa membuktikan dengan terus menambah hasil produksinya,' kata Made. (RIFQI/m)

Berita Terbaru