Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim SAR Gabungan Temukan Wanita Paruh Baya Tersesat di Hutan Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 20 November 2023 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setelah empat hari melakukan pencarian, tim SAR gabungan akhirnya menemukan seorang wanita paruh baya, Sinar (51) yang tersesat di hutan di Kota Palangka Raya, Minggu, 19 November 2023. Wanita tersebut dalam kondisi selamat. 

Sinar sebelumnya dinyatakan hilang di Hutan Petuk Barunai Palangka Raya saat dalam perjalanan menuju hutan pendulangan emas. Tim SAR yang menerima informasi tersebut langsung meluncurkan berikut melakukan operasi pencarian sesuai dengan rencana yang telah disusun.

Meski dalam tiga hari pertama pencarian tidak menemukan tanda-tanda keberadaan korban, pada hari keempat, tim SAR gabungan membagi diri menjadi dua SRU (Search and Rescue Unit). SRU I menjelajah ke arah barat, sedangkan SRU II ke arah utara dari pondok yang sering digunakan korban saat berkebun.

Pada pukul 19.00 WIB, SRU I berhasil menemukan jejak keberadaan Sinar. Dilakukan pencarian lebih lanjut dan pada pukul 22.30 WIB, korban ditemukan sekitar 12 km dari titik terakhir hilangnya korban.

"Korban Sinar berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Korban segera dibawa ke pondok untuk pemeriksaan kesehatan," kata Kepala Kantor Pertolongan dan Pencarian Basarnas Palangka Raya Raya, Anak Agung Alit Supartana, Senin, 20 November 2023.

Mengingat kondisi malam hari yang tidak memungkinkan untuk evakuasi dan cuaca hujan, tim memutuskan untuk bermalam di pondok dan menunda evakuasi hingga keesokan paginya.

Senin pagi pukul 08.00 WIB, korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke RS Tumbang Kalaken untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Menurut keterangan korban, ia tersesat dan berhasil bertahan hidup dengan cara meminum air akar yang ada di sekitar hutan. 

"Dengan telah ditemukannya dan berhasil dievakuasinya korban, operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru