Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puncak Festival Tunas Bahasa Ibu Digelar di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 November 2023 - 07:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Puncak Festival Tunas Bahasa Ibu atau FTBI digelar di Kota Palangka Raya setelah sukses digelar di dua tempat sebelumnya di wilayah Kalimantan Tengah.

"FTBI di Kota Palangka Raya dengan fokus bahasa Dayak Ngaju ini digelar 21-23 November 2023 sebagai penutup atau puncak dari FTBI wilayah Kalteng," kata Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Muis, Selasa, 21 November 2023.

Sebelumnya telah dilakukan FTBI Wilayah I pada 7-9 November 2023 FTBI di Kabupaten Kotawaringin Barat dengan fokus bahasa Melayu Dialek Kotawaringin.

"Kemudian pada 14 sampai dengan 16 November 2023, Kabupaten Barito Selatan menjadi tuan rumah terselenggarakannya FTBI ini dengan fokus bahasa Dayak Maanyan," tuturnya.

Revitalisasi Bahasa Daerah, lanjut Muis, merupakan salah satu program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sementara Festival Tunas Bahasa Ibu ini adalah puncak kegiatan dari Revitalisasi Bahasa Daerah.

"Kita mengingatkan khususnya kepada para tunas muda untuk bangga menggunakan bahasa daerah. Bahasa daerah harus terus dilestarikan dan dijaga agar bahasa daerah tidak punah," tuturnya lagi. (TESTI PRISCILLA/R)


TAGS:

Berita Terbaru