Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Target Penerimaan Daerah Harus Bisa Dicapai

  • Oleh Donny Damara
  • 21 November 2023 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengatakan target penerimaan daerah harus bisa dicapai oleh pemda di provinsi ini.

Potensi penerimaan daerah perlu dimaksimalkan melalui sektor-sektor strategis yang dapat menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) baik itu pajak, retribusi, dan lain sebagainya.

"Setiap daerah pastinya memiliki target penerimaan daerah masing-masing, dan itu harus bisa dicapai dengan memaksimalkan potensi yang ada," ujarnya, Selasa  21 November 2023.

Ia mengatakan, misalnya pajak dan retribusi merupakan sumber penerimaan daerah yang sangat potensial, sehingga kedua sektor ini agar dapat dimaksimalkan oleh pemda.

"Pajak ini ada banyak jenisnya seperti kendaraan bermotor, air permukaan, bumi dan bangunan, bahan bakar minyak serta lainnya, begitu juga dengan retribusi," bebernya.

Diungkapkannya bahwa, sektor pajak dan retribusi merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar daerah maupun nasional, dan ini tentu sangat menjanjikan.

"Apalagi Kalteng juga telah memiliki perda tentang pajak dan retribusi, harapan kita tentu perda tersebut bisa diimplementasikan dengan baik," pungkasnya. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru