Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Profesor Bantu BPDAS Kuatkan Kegiatan Internalisasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 21 November 2023 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dua Profesor yang merupakan Guru Besar Universitas Sumatera Utara atau USU disebut membantu Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai atau BPDAS dalam menguatkan kegiatan internalisasi.

Hal ini disampaikan Kepala BPDAS Wampu Sei Ular, Sigit Budi Nugroho terkait penyusunan buku panduan implementasi konservasi yang dilakukan Profesor Rahmawaty dan Prof Abdul Rauf melalui Workshop Input Kesesuaian Tanaman dan Implementasi Konservasi Tanah dan Air pada Lahan Kritis guna membuat Pedoman Teknis yang Mendukung Keberlanjutan Sumber Daya Lahan di Provinsi Sumatera Utara.

"Apa yang dihasilkan oleh Prof Rauf dan Prof Rahma ini bisa semakin menguatkan BPDAS Wampu Sei Ular untuk memperjelas kegiatan internalisasi RT/RW RPDAS terpadu sekaligus menjawab siapa berbuat apa, dimana dan bagaimana," kata Sigit dalam rilisnya pada Selasa, 21 November 2023.

Oleh karena itu ini suatu hal yang harus diapresiasi. "Kegiatan yang akan dihasilkan ini juga akan menjadi rujukan untuk dilakukan internalisasi kembali," katanya.

Kemudian harapannya dari hasil internalisasi RPDAS terpadu ke dalam RT/RW terbaru akan bisa jadi rujukan bagi para pemegang kebijakan dari level kab/kota ataupun provinsi yang termuat dalam RPJMD.

Sementara itu, Profesor Rahmawaty, salah seorang narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa penyusunan isi buku panduan teknis ini akan diawali dengan Riset Awal, yakni dengan mengumpulkan data yang akan digunakan dalam penulisan buku, mengidentifikasi penelitian dan studi kasus yang relevan.

"Kemudian akan dilakukan Pengembangan Struktur Buku yakni membuat kerangka umum buku yang mencakup bab, sub-bab, judul dan menentukan urutan logis dari setiap topik," jelasnya.

Kemudian akan dilanjutkan Penulisan Konten yakni menulis setiap bagian buku berdasarkan kerangka yang telah dibuat dan informasi yang disajikan relevan, terbaru, dan mudah dipahami oleh pembaca target.

"Akan disertakan juga gambar dan grafik yakni mengidentifikasi gambar, grafik, atau ilustrasi yang perlu dimasukkan untuk memperjelas konsep," tutur Prof Rahmawaty lagi.(TESTI PRISCILLA/R)


TAGS:

Berita Terbaru