Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Januari - November Ada 51 Kejadian Kebakaran Permukimandi Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 23 November 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Palangka Raya, Gloriana Aden mengatakan, sejak Januari hingga November 2023, tercatat ada 51 kejadian kebakaran permukiman.

Kejadian tersebut mayoritas disebabkan korsleting listrik dan penempatan barang-barang mudah terbakar yang diletakkan terlalu dekat dengan sumber api.

"Meningkatnya jumlah kejadian kebakaran permukiman ini, sebagian besar disebabkan oleh kelalaian dari pihak masyarakat. Mulai dari penggunaan listrik yang tidak sesuai standar hingga penempatan barang-barang yang rentan terbakar terlalu dekat dengan sumber api," ungkapnya, Kamis, 23 November 2023.

Gloriana juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam mencegah kebakaran. Seperti misalnya penggunaan listrik yang aman, penempatan barang-barang yang mudah terbakar dengan jarak yang aman dari sumber api, serta kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat jika terjadi kebakaran.

Dalam menghadapi masalah kebakaran permukiman, lanjut dia, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Palangka Raya terus berupaya meningkatkan sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat guna mengurangi angka kejadian yang disebabkan oleh kelalaian tersebut.

"Kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menerapkan langkah-langkah preventif sangatlah penting guna mengurangi risiko kebakaran yang dapat membahayakan jiwa dan harta benda," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru