Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pria di Sampit Tipu Korbannya Gunakan Identitas Palsu untuk Take Over Mobil

  • Oleh Buddi Rahmat H
  • 28 November 2023 - 03:19 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seorang pria berinisial A ditangkap jajaran Polres Kotawaringin Timur (Kotim) lantaran melakukan penipuan dengan cara menggunakan identitas palsu saat melakukan take over mobil pikap.

Perkara tersebut terjadi pada Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 13:30 WIB di Jalan Tjilik Riwut nomor 9, Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, ada pun yang menjadi korban adalah Aliman bin Rosdai.

Kapolres Kotim AKBP Sarpani menjelaskan, tersangka melaksanakan tindak pidana penipuan dengan cara mempersiapkan identitas palsu yaitu KTP, dan KK atas nama Ari yang digunakan untuk melakukan aksinya berupa take over kendaraan melalui media sosial

"Alhamdulillah hari ini bisa kkami ungkap, adapun modus operandinya yaitu pelaku berpura-pura take over kendaraan dengan menggunakan identitas palsu, dan setelah kendaraan ada pada pelaku kendaraan kemudian dijual ke pihak lain," jelas Sarpani, Minggu, 26 November 2023.

Lanjutnya, adapun barang bukti yang diamankan adalah satu lembar baju warna biru, celana panjang jeans, 1 lembar KTP atas nama Ari diduga palsu, 1 lembar kuitansi takeover mobil pikap dan 1 lembar transaksi take over.

"Dalam kejadian ini kami sangkakan dengan pasal 378 dengan ancaman hukuman selama-lamanya 4 tahun penjara dan saat ini tersangka sudah ditahan di polres Kotim," ungkap Kapolres.

Saat ini pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut. Dan masih melakukan pendalaman apakah masih ada korban lainnya yang juga menjadi korban dari modus pelaku.

"Sampai saat ini tersangka yang kami amankan masih sendiri tapi kami akan kembangkan, penyidik masih mengembangkan semaksimal mungkin. Dan harapan kami bagi masyarakat yang menjadi korban dengan pola atau modus operasi yang sama segera melapor ke polres Kotim supaya  bisa kita tangani," tutup Kapolres. (BUDDI RAHMAT H/H)

Berita Terbaru