Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Lamandau: Metrologi Legal Jamin Kebenaran dalam Pengukuran

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 November 2023 - 08:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap metrologi legal, Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) setempat menggelar sosialisasi kemetrologian.

Saat membuka acara tersebut, Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani menjelaskan, metrologi legal adalah ilmu pengetahuan tentang ukur-mengukur secara luas, merupakan salah satu indikator penting dalam kegiatan kemetrologian di suatu wilayah.

“Keberadaan metrologi sangat penting untuk melindungi masyarakat dan pelaku usaha, perlu adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum,” kata Lilis di Nanga Bulik, Senin, 27 November 2023.

Ia mengatakan, pelaksanaan kegiatan metrologi bertujuan untuk tertib ukur di segala bidang dan untuk memastikan penggunaan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP), barang dalam keadaan terbungkus (BDKT) dan penggunaan satuan ukuran sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Sementara itu, Kepala DKUKMPP Lamandau, Penyang menyampaikan, tujuan Sosialisasi Metrologi Legal adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, terutama pelaku usaha yang meliputi pengguna alat ukur, produsen dan imporir alat ukur, produsen, pengemas dan importir Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT) dan Penggunaan Satuan Ukuran terhadap ketentuan metrologi legal.

“Sehingga menumbuhkan rasa bertanggung jawab pelaku usaha untuk pemenuhan persyaratan di bidang metrologi legal. Juga, meningkatkan pemahaman konsumen terhadap ketentuan di bidang metrologi legal dalam kerangka pembentukan konsumen yang cerdas dan berdaya,” tukasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru