Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Gelar Workshop di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 November 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS bekerjasama dengan IPB University menggelar Workshop bertajuk "Karbonasi Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Pemanfaatannya sebagai Pupuk Organik untuk Substitusi Pupuk Kimia pada Perkebunan Kelapa Sawit" di Palangka Raya pada Selasa, 28 November 2023.

"Kegiatan hari ini kita didukung oleh BPDPKS untuk menyampaikan workshop Karbonasi Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Pemanfaatannya sebagai Pupuk Organik untuk Substitusi Pupuk Kimia pada Perkebunan Kelapa Sawit ini dengan target 100 orang peserta, namun ternyata yang datang jauh melebihi target," kata Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Workshop, Prof Erliza Hambali saat pembukaan kegiatan di Hotel Luwansa Palangka Raya.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor atau IPB University ini menuturkan bahwa substitusi pupuk kimia pada perkebunan kelapa sawit yang disampaikan dalam workshop hari ini dapat meningkatkan efisiensi pemupukan di perkebunan kelapa sawit.

"Substitusi ini dapat meningkatkan efisiensi pemupukan di perkebunan kelapa sawit sekaligus dapat meningkatkan kesuburan tanah," tuturnya.

Apa manfaatnya dan kenapa bisa dimanfaatkan sebagai karbonisasi serta mengurangi kebutuhan pupuk kimia menurut Prof Erliza akan disampaikan secara tuntas dalam workshop tersebut.

"Pupuk kimia kan juga jika dipakai terus menerus tidak bagus untuk tanah, selain itu ada pula permasalahan pupuk kimia semakin mahal, lalu stoknya yang kadang ada kadang tidak, nah sekarang kita belajar bagaimana untuk menggantinya dengan substitusi ini," tuturnya lagi.(TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru