Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usai Gelar Pakta Integritas Kampanye Damai, Pj Bupati Lamandau Langsung Dilaporkan ke Bawaslu soal Netralitas Pemilu

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 November 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Masa kampanye pada tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 sudah dimulai sejak 28 November 2023 hari ini. Namun disaat yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Lamandau Lilis Suriani secara resmi dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau atas dugaan pelanggaran netralitas pemilu dalam kedudukannya sebagai Pj Kepala Daerah maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Hari ini, bertepatan dengan hari pertama dimulainya masa kampanye kami melaporkan Pj Bupati Lamandau atas dugaan pelanggaran netralitas pemilu dalam kapasitasnya sebagai Pj Kepala Daerah maupun ASN," kata Wakil Ketua Bidang Hukum DPD Golkar Lamandau Fajrul Islamy Akbar, saat dibincangi wartawan usai membuat laporan resmi di Bawaslu Lamandau, Selasa, 28 November 2023.

Fajrul menyebut, detail perkara yang dilaporkan menyangkut dugaan pelanggaran netralitas di masa kampanye di mana Bupati Lamandau mengadakan kegiatan bertajuk "Coffee Morning Sekaligus Penandatangan Pakta Integritas Pelaksanaan Kampanye Damai di Kabupaten Lamandau" yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Lamandau pada Selasa pagi, 28 November 2023.

"Pertama soal waktu, hari ini kan sudah masuk masa kampanye. Kamudian soal kapasitas, yang punya kapasitas berkaitan dengan kegiatan penyelenggaraan kepemiluan di masa kampanye kan KPU dan Bawaslu serta peserta pemilu, sementara ini yang mengundang justru Bupati Lamandau yang notabene bukan penyelenggara pemilu. Kemudian soal tempat, tempatnya kenapa di Rumah Jabatan Bupati, tidak di tempat terbuka yang sifatnya bisa diakses oleh masyarakat umum sehingga tidak membuat salah penafsiran dari berbagai pihak," ujarnya.

Atas hal tersebut, Golkar Lamandau menduga telah terjadi pelanggaran netralitas oleh Pj Bupati baik sebagai Kepala Daerah maupun sebagai ASN sehingga secara resmi membuat laporan ke Bawaslu. Laporan Golkar tersebut diterima oleh staf di Sekretariat Bawaslu Lamandau, saat itu semua Komisioner Bawaslu sedang tidak di tempat karena ada kegiatan di luar daerah.

"Kami berharap laporan yang kami buat ini segera ditindaklanjuti oleh Bawaslu. Laporan ini sebagai bentuk kesungguhan kami yang mendukung penuh penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas," tukasnya.

Terpisah, dikonfirmasi via aplikasi pesan Whats App Ketua Bawaslu Lamandau Yustedi, membenarkan adanya laporan tersebut. 

"Selamat siang jg, benar hari ini  tgl 28 Nov.2023 pada  pkl.14.28 wib, Bawaslu Kab.Lamandau menerima laporan dari DPD Partai Golkar Kab.Lamandau terkait  Laporan dugaan  Netralitas dan/atau Kode etik  oleh PJ.Bupati Lamandau. Kami akan melakukan kajian terlebih dahulu apakah ini masuk sebagai pelanggaran atau tidak, sekian dan  terimakasih...," jawab Yustedi.

Pada Selasa, 28 November 2023 Pemerintah Kabupaten Lamandau mengadakan acara bertajuk "Coffee Morning Sekaligus Penandatangan Pakta Integritas Pelaksanaan Kampanye Damai di Kabupaten Lamandau".

Hadir dalam kegiatan itu Pj Bupati Lamandau, Sekda, unsur Forkopimda, sejumlah ketua maupun perwakilan pengurus partai politik. Namun, perwakilan Partai Golkar tidak hadir dalam acara yang berlangsung di Joglo Rujab Bupati tersebut. Sementara itu, hingga berita ini ditulis belum ada tanggapan resmi dari Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani. (HENDI NURFALAH/j)

Berita Terbaru