Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas Ikut Panen Padi Milik Poktan Suka Jadi

  • Oleh Riska Yulyana
  • 28 November 2023 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong bersama Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing dan lainnya mengikuti panen perdana padi inhibrida kelompok tani Suka Jadi, Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah, Selasa, 28 November 2023.

"Semoga panen padi kita hari ini bisa menjadi penyemangat dan tambah energi positif bagi para pelaku pertanian dan juga masyarakat Gunung Mas," ujar Jaya, Selasa, 28 November 2023.

Dia melanjutkan, salah satu potensi yang  dimiliki Kabupaten Gunung Mas adalah lahan yang cukup luas dan infrastruktur serta alokasi ruang dalam hal ini sawah yang masih dapat digunakan untuk menambah produksi pangan, khususnya padi secara optimal.

Kemudian dia mengatakan bahwa Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kabupaten Gunung Mas yang sudah terverifikasi dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalteng adalah seluas 1.239 hektare.

Lahan tersebut terfokus pada lahan terplotkan sebagai lahan sawah dan atau memiliki fasilitas pengairan atau irigasi teknis, salah satunya adalah lokasi kita saat ini di Kelurahan Tewah ini.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas Aryantoni menjelaskan bahwa poktan Suka Jadi melakukan pertanaman mulai pada tanggal 7 Agustus 2023.

"Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas tetap konsisten melakukan pembinaan dan pengembangan komoditas tanaman pangan," ujar Aryantoni.

Dia melanjutkan, kegiatan pengembangan padi inbrida pada kelompok tani pengembang dilakukan dengan memberikan bantuan saprodi berupa benih padi inbrida varietas inpari37 dan penggunaan benih sebanyak 35 Kg/Ha, pupuk dasar, kapur dolomit, pupuk lanjutan (urea dan NPK), obat- obatan (insektisida, fungisida dan nematisida. (RISKA YULYANA/Y)

Berita Terbaru