Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prof Herdhata: Penggunaan Tankos sebagai Biochar Sudah Dilakukan Penelitian Mendalam

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 November 2023 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB University Prof Dr Herdhata Agusta mengatakan bahwa penggunaan tandan kosong sebagai biochar telah dilakukan penelitian secara mendalam baik di Indonesia maupun di luar negeri.

"Tapi, untuk skala yang teraplikasi baru akan dilaksanakan di PT PGA, Kalimantan Tengah ini," kata Prof Herdhata pada Selasa, 28 November 2023.

Hal ini disampaikan Prof Herdhata saat menjadi salah satu pembicara dalam Workshop Karbonasi Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Pemanfaatannya sebagai Pupuk Organik untuk Substitusi Pupuk Kimia pada Perkebunan Kelapa Sawit kerjasama IPB University dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, kemarin.

"Adapun manfaat dari penggunaan Tandan Kosong atau Tankos kelapa sawit ini selain mengurangi penggunaan pupuk unorganik, juga dapat memperpanjang umur unsur hara pada tanah," terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Workshop, Prof Dr Erliza Hambali mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi petani kelapa sawit dan pabrik CPO terkait potensi dan manfaat Biochar dari Tandan Kosong Kelapa Sawit.

"Kita harapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi petani kelapa sawit dan pabrik CPO terkait potensi dan manfaat Biochar dari Tandan Kosong Kelapa Sawit," kata Kepala Divisi Teknologi Proses, Program Studi Teknik Industri Pertanian, IPB University ini.

Sponsor utama kegiatan workshop ini, lanjutnya, adalah Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS serta disupport juga oleh Universitas Palangkaraya, PT Bumitama Gunajaya Agro dan GAPKI Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru