Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karbonasi Tankos Sawit jadi Pupuk Organik Dijalankan Mulai dari Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 November 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemanfaatan tandan kosong atau tankos sawit melalui proses karbonasi menjadi pupuk organik dijalankan mulai dari Kalimantan Tengah sebagai pilot project.

Hal ini terungkap dalam Workshop Karbonasi Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Pemanfaatannya sebagai Pupuk Organik untuk Substitusi Pupuk Kimia pada Perkebunan Kelapa Sawit kerjasama IPB University dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS di Palangka Raya pada Selasa, 28 November 2023.

"Di Kalteng, tepatnya di Desa Pundu metode ini pertama kali dilaksanakan bersama PT BGA. Karena itu sosialisasi sudah kita jalankan di tiga kota, termasuk Palangka Raya ini," kata Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Workshop, Prof Erliza Hambali saat pembukaan kegiatan di Hotel Luwansa Palangka Raya.

Hal ini harus disosialisasikan menurutnya karena sebagian besar Tankos Kelapa Sawit masih ditimbun, istilahnya, open dumping atau dibakar di incinerator. Oleh sebab itu perlu dicari upaya pemanfaatannya yang lebih bernilai tambah tinggi. 

Salah satu pemanfaatan tankos kelapa sawit yang bernilai tambah, lanjutnya, adalah dengan mengolahnya melalui proses karbonisasi dan memanfaatkannya sebagai Soil Conditioner.

"Soil Conditioner ini dapat meningkatkan kesuburan tanah dan efisiensi pemupukan pada perkebunan kelapa sawit," turur Guru Besar Departemen Teknologi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian ini lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Research & Development, PT Bumitama Gunajaya Agro, Adhy Ardiyanto mengatakan bahwa sebagai pilot project, program ini akan dilaksanakan oleh BGA mulai bulan depan.

"Karena ini baru pertama kalinya dilaksakakan di Kalteng, maka mulai bulan depan kemungkinan BGA akan mulai menerapkan ini di Desa Pundu, Kabupaten Kotawaringin Timur," tuturnya saat jumpa pers. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru