Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Lakukan Berbagai Penelitian Kelapa Sawit Dibantu Akademisi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 November 2023 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Divisi Program Pelayanan pada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Arfie Thahar mengatakan bahwa lembaga ini terus melakukan berbagai penelitian pengembangan kelapa sawit dengan dibantu para akademisi.

"Penelitian yang dilakukan BPDPKS dibagi menjadi dua, yaitu pertama Grand Riset Sawit yang dilakukan para peneliti yang berstatus peneliti di satu perguruan tinggi yang hampir 50 persen itu adalah para generasi millennial yang mendampingi para profesornya untuk melakukan penelitian," kata Arfie pada Rabu, 29 November 2023.

Selain itu juga, lanjutnya, BPDPKS memiliki program lomba riset sawit tingkat mahasiswa yang ini diikuti para peneliti yang ada di setiap kampus seluruh Indonesia.

"BPDPKS sudah melaksanakan sejumlah penelitan dengan lebih dari 12.000 peneliti," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, BPDPKS ini sudah mendanai lebih dari hampir 400 mahasiswa yang melaksanakan penelitian, bekerja sama dengan lembaga 88 penelitian, dan menghasilkan banyak sekali produk atau berupa paten.

"Ada 50 paten yang sudah didanai, ada 7 buku yang sudah dipublikasikan, dan ada 243 publikasi yang ditayangkan di jurnal internasional," tutur Arfie lagi. (TESTI PRISCILLA/j)


TAGS:

Berita Terbaru