Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekonomi Tiongkok Mitra Dagang Utama Kalteng Diprakirakan Tumbuh Melambat di 2024

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, H Edy Pratowo mengatakan bahwa ekonomi Tiongkok yang merupakan mitra dagang utama Kalteng Diprakirakan akan tumbuh melambat di tahun 2024 mendatang.

"Memasuki tahun 2024, kita masih dihadapkan dengan berbagai tantangan baik secara global maupun domestik. Sebagaimana telah kita saksikan bersama bahwa ekonomi global pada tahun 2024 diprakirakan akan tumbuh melambat dibandingkan tahun 2023," kata Edy Pratowo pada Rabu, 29 November 2023 malam.

Hal ini disampaikan Edy dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023. Memang dalam kegiatan tersebut stakeholder Kalteng turut menyaksikan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia tingkat nasional yang diisi arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo yang disiarkan secara langsung.

"Ekonomi Tiongkok yang merupakan mitra dagang utama Kalimantan Tengah diprakirakan tumbuh melambat," tutur Edy lagi.

Hal ini, lanjut Edy, tentunya dapat berdampak terhadap perekonomian Kalimantan Tengah.

"Kita telah rasakan bersama bagaimana kinerja ekspor Kalteng hingga triwulan III 2023 mengalami perlambatan dibandingkan tahun sebelumnya sejalan dengan menurunnya harga CPO dan batu bara global yang merupakan komoditas utama ekspor Kalteng," tutur Wagub lagi.

Hal ini menurut Eddy tentunya perlu dicermati, dan dilakukan berbagai langkah dan upaya bersama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah tetap solid pada tahun 2024.

"Di samping itu, tensi geopolitik yang telah meluas hingga ke Timur Tengah mendorong peningkatan harga energi dan pangan secara global. Hal ini perlu kita waspadai transisinya yang dapat meningkatkan risiko inflasi ke depan," tutur Edy lagi.

Hadir dalam kegiatan tentu saja Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh, Forkopimda Provinsi Kalimantan Tengah, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Bupati, Pj Bupati/Wali Kota Se-Kalteng, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Instansi Vertikal Provinsi Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru