Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Nataru, Wagub Kalteng Instruksikan Lima Langkah Perkuat Ketahanan Ekonomi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka persiapan jelang libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, serta untuk menghadapi tahun yang penuh dengan tantangan dan ketidakpastian, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, perlu adanya untuk memperkuat sinergi dan inovasi bersama.

"Sebagaimana tema PTBI tahun ini yaitu Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional. Untuk itu pada kesempatan yang luar biasa ini, saya menginstruksikan kepada pihak terkait agar melakukan lima langkah perkuat ketahanan ekonomi," kata Edy pada Rabu, 29 November 2023 malam.

Hal ini disampaikan Edy dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023 yang diawali dengan kegiatan menyaksikan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia tingkat nasional yang diisi arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo yang disiarkan secara langsung.

"Pertama dalam rangka menjaga ekonomi Kalimantan Tengah, tetap tumbuh solid pada tahun 2024, perlu dilakukan upaya terstruktur dan bertahap dalam rangka meningkatkan hilirisasi sektor tambang utamanya batu bara," tutur Edy.

Porsi batu bara dalam ekspor Kalteng menurutnya perlu dikurangi secara bertahap seiring sunset yang semakin dekat.

"Untuk itu, saya sangat mendukung terhadap investor yang ingin menanamkan modalnya dalam membangun industri hilirisasi di Kalteng tidak hanya hilirisasi produk batu bara, namun juga membangun industri kelapa sawit dengan berbagai produk turunannya," tegasnya.

Kedua, lanjut Edy, guna mendukung peningkatan kinerja sektor pertanian di Kalteng yang dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan, maka dirinya meminta kepada berbagai pihak utamanya Dinas TPHP, Ketahanan Pangan dan PUPR untuk terus mendorong penguatan pasokan komoditas pangan secara internal dengan mendorong peningkatan infrastruktur pertanian. Ketergantungan kita terhadap daerah lain dalam hal pangan perlu kita kurangi secara bertahap.

"Ketiga, Jelang Nataru saya minta kepada TPID untuk terus mengawal inflasi Kalteng 2023 agar berada pada target sasaran nasional," tuturnya lagi.

Selanjutnya, katanya, dalam rangka menjaga inflasi tetap rendah sesuai dengan sasaran nasional pada tahun depan yaitu 2,5% ± 1%, maka Wagub meminta berbagai pihak yang terlibat dalam TPID untuk terus memperkuat sinergi dan program kerja bersama dalam menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga.

Dinas Perdagangan menurut mantan Bupati Pulang Pisau ini perlu memastikan tata niaga pangan di Kalteng dilakukan secara efektif dan efisien, dan jika diperlukan akan diperkuat dengan pembentukan BUMD Pangan.

Berita Terbaru