Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BI Kalteng Sebut Ekonomi Global Dibayangi Risiko dan Tantangan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah Taufik Saleh mengatakan, ekonomi global pada 2024 diprakirakan masih akan dibayangi oleh berbagai risiko dan tantangan.

"Pertumbuhan ekonomi 2024 secara global diprakirakan akan tumbuh lebih rendah dibandingkan tahun 2023," kata Taufik pada Rabu, 29 November 2023.

Hal ini disampaikan Taufik dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia tingkat Provinsi Kalteng usai mengikuti PTBI nasional yang diisi arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo yang disiarkan secara langsung.

"Tensi geopolitik Rusia-Ukraina yang terus berlanjut, ditambah lagi konflik Israel-Palestina terkini, berpotensi memperkuat fragmentasi perekonomian dan membawa risiko persistensi inflasi yang tinggi," tutur Taufik.

Suku bunga kebijakan moneter di negara maju, lanjutnya, termasuk Federal Funds Rate atau FFR, diperkirakan akan tetap tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

"Hal ini memicu volatilitas di pasar keuangan, mendorong aliran dana keluar dari Indonesia, dan menyebabkan nilai tukar dollar AS menguat terhadap berbagai mata uang dunia yakni super dollar," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H Edy Pratowo mewakili Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran mengatakan bahwa pihaknya memberikan apresiasi kepada BI Kalteng terkait kegiatan tersebut.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah yang telah berkontribusi nyata terhadap perekonomian Kalimantan Tengah," kata Edy.

Salah satunya, lanjut Edy, melalui dukungan penuh dalam segala upaya pengendalian inflasi dan menjadi partner serta advisor yang baik untuk Pemerintah Daerah di Kalimantan Tengah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan digitalisasi. (TESTI PRISCILLA/H) 

Berita Terbaru