Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekonomi Kalteng 2024 Diprakirakan Tumbuh Lebih Baik

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2023 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pertumbuhan ekonomi Kalteng pada tahun 2024 diprakirakan akan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun 2023.

"Efek penurunan produksi bauksit yang ternetralisasi membuka peluang pertumbuhan sektor pertambangan yang lebih baik," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh pada Rabu, 29 November 2023 malam.

Hal ini disampaikan Taufik Saleh dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia tingkat Provinsi Kalteng pada Rabu, 29 November 2023 malam usai mengikuti PTBI nasional yang diisi arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo yang disiarkan secara langsung.

"Hal ini juga didukung prakiraan kinerja produksi batu bara Kalteng yang akan lebih baik sejalan dengan meningkatnya target produksi batu bara nasional," kata Taufik lagi.

Sektor pertanian, lanjutnya, di tahun 2024 juga diprakirakan akan tetap tumbuh terjaga seiring berakhirnya El-Nino yang menurunkan produksi tanaman pangan maupun sawit pada semester II tahun ini.

"Membaiknya input bahan baku CPO serta adanya pengoperasian smelter baru pengolahan galena diprakirakan mendorong pertumbuhan di sektor industri pengolahan," tutur Taufik menyampaikan kabar baik.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H Edy Pratowo mengatakan bahwa tahun ini Kalteng patut bersyukur karena di tengah gejolak ekonomi global seiring berlanjutnya tensi geopolitik dan kebijakan suku bunga tinggi negara maju, ekonomi Kalimantan Tengah masih dapat tumbuh solid ditopang konsumsi rumah tangga yang tetap kuat.

"Seiring dengan semakin meningkatnya mobilitas dan aktivitas masyarakat pasca dicabutnya status pandemi sejak Juni 2023, menujul level sebelum pandemi," tuturnya.

Wagub Kalteng menuturkan bahwa BPS mencatat ekonomi Kalimantan Tengah pada triwulan III tahun 2023 mampu tumbuh 3,74 persen, meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

"Kita patut berbangga bahwa Kalteng merupakan satu-satunya Provinsi yang mencatatkan peningkatan pertumbuhan diregional Kalimantan, dimana ekonomi Kalimantan justru mencatatkan pertumbuhan yang melambat sejalan dengan ekonomi Nasional," katanya.

Hadir dalam kegiatan Forkopimda Provinsi Kalimantan Tengah, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Bupati, Pj Bupati/Wali Kota Se-Kalteng, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Instansi Vertikal Provinsi Kalimantan Tengah. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru