Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gugatan Diterima, Surat Hibah dan Jual Beli Tanah Dibatalkan

  • Oleh Apriando
  • 30 November 2023 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengadilan Agama Palangka Raya mengabulkan gugatan dalam perkara perdata agama nomor 301/Pdt.G/2023/PA.Plk terkait hibah tanah. 

Jeffriko Seran selaku Kuasa Hukum para penggugat, menyampaikan apresiasi kepada majelis hakim yang memutuskan untuk membatalkan surat hibah dan surat jual beli tanah, serta mengharuskan tergugat menyerahkan tanah dan surat-suratnya kepada para penggugat.

Dalam putusan tersebut, hakim menyatakan bahwa berita acara penyerahan hibah tanah seluas 5.000 meter persegi di Kota Palangka Raya, yang dilakukan oleh ayah para penggugat, tidak sesuai dengan ketentuan hukum. 

Hakim menilai bahwa penyerahan hibah tersebut tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 1682 jo. Pasal 1683 KUHPerdata dan pasal 37 ayat (1) PP. No.24 tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah

Lebih lanjut, Jeffriko menerangkan, hakim juga mempertimbangkan bahwa tanah tersebut merupakan harta warisan yang belum dibagi, menguatkan keputusan untuk membatalkan surat-surat terkait. 

"Para penggugat mengajukan gugatan karena sangat yakin sekali bahwa almarhum tidak pernah melakukan penghibahan tanah tersebut dengan siapapun, namun timbul ada surat hibah yang dimiliki tergugat,"  ujarnya di PN Palangka Raya, Kamis, 30 November 2023 

Jeffriko Seran berpandangan pemberian hibah harus sesuai dengan dasar hukum yang berlaku, yaitu Kompilasi Hukum Islam, yang mengatur tentang syarat, rukun, dan akibat hukum dari hibah. 

"Penggugat juga mengacu pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 4 Tahun 2003 tentang Hukum Hibah, yang menyatakan bahwa hibah harus dilakukan dengan kerelaan dan tanpa paksaan, serta tidak boleh merugikan hak-hak orang lain, terutama ahli waris," jelasnya.

Pengacara muda ini berharap putusan tersebut dapat menjadi pelajaran dan informasi bagi masyarakat agar lebih berhati-hati apabila akan membeli tanah yang warkah nya dari hibah, waris, ataupun pemberian karna harus di ketahui oleh seluruh ahli waris apabila mau melakukan peralihan agar tidak ada masalah di kemudian hari yang menimbulkan kerugian. (APRIANDO/H)

Berita Terbaru