Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembobol Warung di Kapuas Ternyata Residivis dan Pernah 5 Kali Dipenjara

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 November 2023 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Unit Resmob Satreskrim Polres Kapuas dibackup personel Reskrim Polsek Selat mengungkap terduga pelaku kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang terjadi di sebuah warung di Jalan Trans Kalimantan RT 14, Kelurahan Selat Dalam.

Pelakunya adalah seorang pria berinisial H (41) warga Kecamatan Basarang. Ia membobol warung tersebut dan menggasak uang tunai kurang lebih Rp5 juta milik pemilik warung atau korban.

Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono melalui Kasatreskrim AKP Iyudi Hartanto menuturkan pelaku H merupakan seorang residivis dan sudah pernah 5 kali di penjara.

"Pelaku pada tahun 2013 divonis 11 bulan penjara, dalam kasus pencurian, lalu tahun 2015 divonis satu tahun penjara, dalam kasus pencurian," kata AKP Iyudi, Kamis, 30 November 2023.

Kemudian, pada 2019 divonis 1 tahun 2 bulan penjara dalam kasus pencurian. Selanjutnya tahun 2022 divonis 11 bulan penjara dalam kasus pencurian, tak lama, masih di tahun yang sama kembali divonis 1 tahun 2 bulan penjara dalam kasus pencurian. 

"Pelaku kami amankan kemarin. Ditangkap di Jalan Lintas Mandomai, Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat," ucap Kapolres.

Kasatreskrim menjelaskan kronologis kejadian pencurian itu diketahui korban tanggal 19 November 2023 sekitar pukul 06.00 WIB ketika ingin membuka warung sekaligus tempat tinggalnya tersebut.

"Korban kaget melihat dinding warung sekaligus tempat tinggalnya tersebut mengalami jebol pada bagian samping kiri dan di sana dirinya melihat ada bekas jejak kaki seseorang," jelasnya.

Merasa ada yang tidak beres, ia segera melakukan pengecekan seisi warung. Ia kembali dikagetkan karena mendapati uang tunai miliknya Rp5 juta yang disimpan di dalam laci warung telah hilang.

"Setelah itu dia melakukan pengecekan melalui CCTV yang ada di warung, ternyata ada seseorang laki-laki yang masuk ke dalam warung. Atas kejadian tersebut ia melaporkan ke Polres Kapuas dan ditindaklanjuti," ucapnya.

Pelaku diketahui masuk ke dalam warung dengan cara menjebol dinding warung menggunakan parang, dan mengambil uang tunai tersebut.

"Barang bukti diamankan berupa satu lembar celana panjang, satu lembar baju kemeja warna hitam dan satu buah parang," tandasnya. (DODI/R)


TAGS:

Berita Terbaru