Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Tertinggal 20 Tahun Ssbagai Mitra IKN, Pemprov Kalteng Rencanakan RPJPD 2025-2045

  • Oleh Marini
  • 30 November 2023 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Agar Kalimantan Tengah tidak tertinggal 20 tahun ke depan dari provinsi mitra Ibukota Nusantara (IKN), terutama dalam pembangunan daerah, maka Pemprov Kalteng menyusun perencanaan pembangunan 2025-2045 mengacu pada visi yang terdapat pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalteng Sri Widanarni mengatakan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Untuk itu perlu kerja keras kita bersama dimulai dengan merumuskan cita-cita dan harapan terhadap pembangunan daerah, yang akan bermanfaat bagi Kalimantan Tengah sampai dengan 20 tahun yang akan datang, terlebih lagi kita sebagai mitra IKN," tuturnya, Kamis, 30 November 2023.

Ia mengharapkan diperlukan partisipasi dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan daerah yang dimulai sejak tahap perencanaan.

"RPJPD Ini harus sesuai dengan visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun," tandasnya.

Saat ini Pemprov Kalteng tengah berupaya sebagai provinsi penyangga IKN dan nantinya bisa menjadi salah satu daerah penyupai pangan. (MARINI/R)


TAGS:

Berita Terbaru