Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Syarat Perguruan Tinggi Kalteng Bisa Salurkan Beasiswa dari BPDPKS

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Divisi Program Pelayanan pada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Arfie Thahar mengatakan bahwa ada syarat yang harus lebih dahulu dipenuhi perguruan tinggi agar dapat menyalurkan beasiswa dari BPDPKS kepada mahasiswanya.

"Kami mendorong supaya setiap wilayah itu punya sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan BPDPKS yang syaratnya tadi itu, harus punya Prodi Kelapa Sawit atau paling tidak di dalam silabusnya itu 60 persen lebihnya adalah tentang pembelajaran kelapa sawit," kata Arfie kepada Borneonews pada Kamis, 30 November 2023.

Sayangnya menurut Arfie hingga saat ini belum ada perguruan tinggi atau universitas di Kalimantan Tengah, bahkan Kalimantan secara keseluruhan, yang memiliki Program Studi atau Prodi Kelapa Sawit.

"Ada 14 perguruan tinggi yang sudah memiliki prodi kelapa sawit dan itu ada di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Di Kalimantan belum ada. Bahkan di Kalimantan secara keseluruhan pun belum ada, termasuk Kalimantan Tengah," tuturnya.

Karena itu Arfie mendorong agar Kalteng yang memiliki perkebunan kelapa sawit cukup luas ini juga bisa memiliki setidaknya satu prodi di setiap daerah.

"Memang mungkin ada kendala untuk pembuatan Prodi, namun kami mendorong setiap wilayah itu setidaknya punya satu. Paling tidak mahasiswa yang berasal dari Kalimantan tidak harus kuliahnya misalnya ke Jawa atau Sumatera dulu yang punya Prodi Kelapa Sawit," tuturnya.(TESTI PRISCILLA)


TAGS:

Berita Terbaru